Minggu, 24 Juni 2012

Pramuka dalam Pesona Budaya Indonesia

Budaya ! satu kata yang simple memang, tapi didalamnya banyak sekali ragam dan macamnya. Budaya adalah peninggalan para leluhur dari beratus-ratus tahun yang lalu.. Rumah adat, Pakaian adat, dan Tari tradisional termasuk sebuah budaya. Indonesia? Hmmm... Jangan ditanya ! negara kita ini kaya sekali akan budayanya.

Lalu apa itu Pramuka dalam Pesona Budaya Indonesia?

Adalah hubungan antara Pramuka dan Budaya Indonesia. Contohnya, seperti warna coklat pada seragam Pramuka. Warna coklat identik dengan Warna Batik, dan Batik adalah salah satu budaya indonesia yang diakui keberadaannya dan sangat terkenal bahkan mencapai berbagai macam manca negara.Makna dari warna itu sendiri seperti, Coklat tua adalah warna tanah Indonesia. sedangkan Coklat muda adalah warna air yang mengaliri tanah-tanah Indonesia. Dengan setangan leher yang berwarna Merah Putih, Merah Putih adalah kibaran bendera Indonesia. sehingga seorang pramuka digambarkan sebagai seorang pandu yang berpijak diatas tanah air Indonesia yang selalu siap sedia untuk membela dan mempertahankan agar sang Merah Putih tetap berkibar di bumi Nusantara.

Contoh Lainnya, Lambang siluit Tunas Kelapa (Buah Nyiur) pada Pramuka juga mencirikan budaya kita. dan Nyiur adalah salah satu buah asli Indonesia. Makna dari Nyiur tersendiri adalah :

-Nyiur merupakan salah satu ciri khas buah dari negara kita.Buah nyiur ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa). 

-Buah Nyiur tahan lama, mengandung arti, Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet. 

 -Nyiur dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun.

-Nyiur tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi. 

-Akar nyiur kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.

-Nyiur pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama. 


Selain dua contoh diatas masih banyak lagi contoh budaya yang lainnya...  hihihi keren kan?


Kita sebagai anggota Pramuka dan Warga negara yang baik, harus menjaga dan melestarikan budaya kita. Bagaimana caranya? Banyak koq caranya .. Mulai dari yang sering di bicarakan, seperti mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, dan Tari tradisional masing -masing daerah memiliki ragam dan macamnya tersendiri. Walaupun begitu negara kita ini tetap menjunjung tinggi Persatuan, yang sering kita sebut sebagai Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda Namun tetap satu jua. Berbeda-beda Pakaian adat nya, Tarian tradisional nya, Rumah adatnya, Lagu daerahnya, Tetapi tetap sama tujuannya ... Menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia kita ini menjadi negara yang Maju, Jaya, Dan Lebih Baik.








Pakaian adat, Tari tradisional, Rumah adat, dan Senjata adat dari ke 33 provinsi di Indonesia :
















Add caption











Nah itu adalah berbagai macam Pakaian adat,Tarian tradisional, Rumah adat, dan Senjata tradisional dari ke 33 Provinsi di Indonesia. selain contoh gambar itu masih banyak lagi lho... You can see, betapa kaya nya Indonesia akan budaya.

Tau dong Trending topik yang sekarang lagi hot? itu lho tari Tor-Tor punya Indonesia yang di claim Malaysia. Kalau diingat-ingat bikin emosi juga ya? Untuk itu, kita sebagai Penerus bangsa yang baik harus senantiasa Menjaga, Melestarikan, dan Membudidayakan Budaya-Budaya kita ini agar tidak diclaim lagi oleh negara lain.

Cinta Indonesia? Ayo dong Lestarikan dan Jaga Budaya kita ;)



 MARI KITA MELESTARIKAN DAN MENJAGA BUDAYA KITA!

Salam Pramuka ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar